Congkrang (Arit)

Banten yang merupakan salah satu provinsi dengan kekayaan jenis budayanya, mulai dari alat  tradisional sampai benda-benda unik yang bernilai seni tinggi yang masih terjaga dan berpotensi besar sebagai daya tarik pariwisata di Provinsi Banten.

Para wisatawan asing akan terpesona ketika melihat koleksi senjata tradisional Banten yang beraneka ragam. Banyaknya pendekar didaerah Provinsi Banten tidak bisa dipisahkan dari senjata-senjata tradisional khas Banten yang sangat unik.

Salah satu senjata tradisional banten ini yang bentuknya agak sedikit berbeda dengan bentuk bedog, yang mana pada bagian ujung senjata tersebut agak melengkung ke bawah, dan senjata tersbut disebut oleh penduduk Banten ini dengan panggilan nama Congkrang atau Arit. Congkrang terbuat dari besi dengan gagang dari kayu atau Alumunium. Bentuknya seperti sabit hanya saja bagian tajamnya lebih panjang, besarnya seperti golok dengan ujungnya yang bengkok.

Fungsi dari senjata conkrang ini lebih banyak dipergunakan untuk alat-alat pertanian yang digunakan untuk memotong atau membersihkan semak-semak. Pada saat membersihkan semak selain membawa congkrang juga membawa sabit, parang, golok, cangkul dan koréd serta alat-alat yang sekiranya yang dibutuhkan untuk membersihkan tanah atau lahan sebelum dicangkul.

Referensi :

https://id.wikipedia.org/wiki/Congkrang

https://www.sejarah-negara.com/senjata-tradisional-banten/

Share Artikel :