1 |
PENGEMBANGAN VIRTUAL REALITY MASJID AGUNG BANTEN BERBASIS DESKTOP |
Pada masa modern ini hampir semua kegiatan kita tidak lepas dari yang namanya teknologi, perkembangan teknologi merupakan faktor utama yang mempengaruhi setiap elemen manusia. Salah satunya pada sektor arsitektur dan pariwisata yang sudah memanfaatkan teknologi digital untuk melakukan berbagai kegiatan. Virtual Reality merupakan teknologi terbaru yang dapat menghasilkan suasana realistis tiga dimensi, dan dapat membuat pengguna berinteraksi dengan lingkungan virtual. Virtual Reality merupakan sebuah teknologi yang menarik, yang dapat mengubah secara mendasar bagaimana kita berinteraksi dengan informasi. Dalam penulisan ini, penulis menggunakan teknologi Virtual Reality untuk membuat suatu tempat bersejarah yang ada di Banten yaitu Masjid Agung Banten yang akan dijalankan pada PC. Penulis menggunakan aplikasi SketchUp dan Unity untuk membangun objek bangunan 3D dan merealisasikannya menjadi sebuah aplikasi Virtual Reality. |
Unduh |
2 |
APLIKASI AUGMENTED REALITY BANTEN E-HERITAGE VIDEO TARI CUKIN TANGERANG BERBASIS ANDROID |
Tari Cukin merupakan tarian baru khas Tangerang yang diadopsi dari tari cokek, tarian ini menjadi salah satu warisan budaya Provinsi Banten yang harus dilestarikan. Warisan budaya adalah aset industri pariwisata untuk menarik wisatawan untuk mengunjungi suatu daerah. Warisan budaya perlu dilestarikan untuk memperpanjang umur agar tidak memburuk. Namun, konservasi membutuhkan biaya keuangan yang sangat besar. Saat ini, konservasi warisan budaya digital digunakan secara alternatif karena mengurangi biaya konservasi dalam bentuk media digital interpretif seperti video, animasi, simulasi 3D, realitas virtual, dan augmented reality. Penulisan ini akan membahas tentang pembuatan aplikasi pengenalan kebudayaan Tari Cukin yang penulis buat dengan Augmented Reality dan berbasis Android dengan beberapa metode diantaranya yaitu perencanaan, analisa, perancangan, implementasi, pengujian aplikasi dan pemeliharaan. pembuatan dilakukan dengan beberapa software pendukung diantaranya MakeHuman, Blender dan Unity. Aplikasi Augmented Reality ini berisi 3D objek Penari Cukin, Video Film Dokumenter “Si Cukin dari Banten”, Sejarah Tari Cukin serta Tentang Aplikasi. Tujuan dari pembuatan apikasi ini yaitu dapat membuat suatu aplikasi yang menjadi salah satu sumber akses informasi mengenai Tari Cukin dengan media yang lebih integratif dan aplikatif dan dliharapkan aplikasi ini dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya masyarakat di Provinsi Banten. |
Unduh |
3 |
PENGEMBANGAN APLIKASI E-HERITAGE BANTEN BERBASIS MOBILE VIRTUAL REALITY (STUDI KASUS: MASJID CARINGIN BANTEN) |
Virtual reality adalah suatu teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan lingkungan virtual yang dibuat oleh komputer, sehingga membuat pengguna merasa seakan berada pada ruang tersebut. Dalam penulisan ini, penulis menggunakan teknologi virtual reality untuk membuat aplikasi untuk mengenalkan sebuah tempat bersejarah di Banten yakni Masjid Caringin Banten, yang dapat dijalankan di perangkat mobile Android. Penulis menggunakan perangkat lunak Blender untuk membuat objek tiga dimensi, kemudian menggunakan perangkat lunak Unity untuk membuat aplikasi virtual reality. Berdasarkan pengujian, aplikasi dapat berjalan lancar di perangkat Android penulis. Namun ketika diuji oleh 10 (sepuluh) orang, aplikasi masih memiliki beberapa kekurangan. Walaupun demikian, aplikasi berhasil dalam mengenalkan Masjid Caringin Banten kepada pengguna. |
Unduh |
4 |
DIGITALISASI WARISAN BUDAYA PROVINSI BANTEN BERBASIS MOBILE VIRTUAL REALITY (STUDI KASUS: MASJID PACINAN TINGGI) |
Teknologi semakin maju dan bermanfaat dalam segala hal. Salah satu teknologi yang sedang berkembang ialah virtual reality, yakni suatu teknologi yang membuat pengguna dapat berinteraksi dengan lingkungan virtual yang dibuat oleh komputer, sehingga membuat pengguna merasa seakan berada pada ruang tersebut. Virtual reality dapat dimanfaatkan sebagai media pengenalan suatu objek atau lingkungan, karena dapat membuat pengguna seakan-akan berada pada lingkungan digital tersebut. Hal ini merupakan nilai tambah dibanding teknologi yang lain yang digunakan untuk media pengenalan. Dalam penulisan ini, penulis menggunakan teknologi virtual reality untuk membuat aplikasi untuk mengenalkan sebuah tempat bersejarah di Banten yakni Masjid Pacinan Tinggi, yang dapat dijalankan di perangkat mobile Android. Penulis menggunakan perangkat lunak Blender untuk membuat objek tiga dimensi, kemudian menggunakan perangkat lunak Unity untuk membuat aplikasi virtual reality. |
Unduh |
5 |
PERANCANGAN APLIKASI E-HERITAGE BENDA-BENDA BERSEJARAH DI MUSEUM PURBAKALA BANTEN LAMA BERBASIS MOBILE ANDROID |
Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk membantu mahasiswa dalam membuat laporan ilmiah. Hal ini juga dimaksudkan untuk membantu mahasiswa diharapkan dapat memperkaya wawasannya dengan topik penulisan ini. Bidang Teknologi Informasi memberi prospek yang sangat bagus pada mahasiswa saat ini mengingat perkembangan teknologi informasi semakin pesat. Metode yang digunakan dalam penulisan ini hanya menggunkan acuan dari berbagai sumber-sumber yang ada, baik itu lewat buku maupun dari internet dan artikel-artikel yang ditulis oleh para ahli yang bersangkutan, kemuduian dirumuskan dan dibahas sehingga didapatkan kesimpulan dan pendapat mengenai teknologi informasi. Dengan adanya teknologi informasi dan didukung oleh perkembangannya yang semakin canggih maka mahasiswa diharapkan untuk mampu memanfaatkan keunggulan teknologi informasi untuk masa depannya nanti. |
Unduh |
6 |
APLIKASI AUGMENTED REALITY PENGENALAN MENARA MERCUSUAR CIKONENG BERBASIS ANDROID MOBILE |
Menara Mercusuar Cikoneng dibangun pada tahun 1885 oleh Belanda, dari sinilah titik nol yang menjadi awal pembangunan jalan dari AnyerPanarukan, Jawa Timur. Karena memiliki nilai sejarah yang tinggi maka dari itu Menara Mercusuar Cikoneng harus di lestarikan karena merupakan salah satu budaya Indonesia. Menara Mercusuar Cikoneng dibangun menggunakan teknologi Augmented Reality yang berjalan di sistem Android. Karena saat ini Android mobile sudah menjadi bagian dari kebutuhan masyarakat Indonesia sebagai media informasi maka dari itu penulis membuat Menara Mercusuar Cikoneng berbasis Android mobile agar banyak masyarakat yang bisa melihat dan mengetahui tentang sejarah yang ada di Banten khusus nya Menara Mercusuar Cikoneng. Semakin maju perkembangan teknologi, saat ini telah ada metode pembelajaran yang lebih real secara 3D yaitu Augmented Reality. Sistem penerapan Augmented Reality ke Device Android Mobile akan terlihat lebih nyata dan mudah dipahami dibanding media lain yang membutuhkan perangkat lainnya. Pengembangan aplikasi ini merupakan wujud Tri Darma terhadap Sekolah Tinggi Teknik Cendekia yang bekerja sama dengan Provinsi Banten. Diharapkan aplikasi Menara Mercusuar Cikoneng pada perangkat smartphone Android diharapkan dapat bermanfaat sebagai media informasi dan juga sebagai media pembelajaran akan nilai sejarah yang terkandung di dalam nya. Sekaligus mempromosikan salah satu warisan budaya Banten yaitu Menara Mercusuar Cikoneng Banten. |
Unduh |
7 |
Aplikasi Model 3D Rumah Adat Suku Baduy Dalam & Baduy Luar Berbasis Mobile Android Augmented Reality |
Augmented Reality merupakan penggabungan antara dunia maya dan dunia nyata ke dalam sebuah lingkungan tiga dimensi (3D), lalu benda dunia maya tersebut diproyeksikan dalam bentuk nyata. Namun, tidak seperti realitas yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, augmented reality hanya sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan. Dalam penulisan ini, penulis berimisiatif membuat augmented reality Rumah Adat Baduy sebagai usaha untuk pelestarian warian budaya Banten. Augmented Reality Rumah Adat Baduy Dalam dan Baduy Luar ini diharapkan dapat menjadi sarana dalam mempromosikan salah satu objek pariwisata di Provinsi Banten. Penulis menggunakan perangkat lunak SktechUp untuk membuat objek 3D, kemudian menggunakan perangkat lunak Unity untuk membuat aplikasi augmented reality. Berdasarkan pengujian, aplikasi dapat berjalan lancar di perangkat Android penulis. Namun ketika diuji oleh 15 (lima belas) orang, aplikasi berhasil dalam mengenalkan objek Rumah Adat Baduy Dalam dan Baduy Luar Banten kepada pengguna. |
Unduh |